Sejarah

Laboratorium  Ilmu Teknologi Hasil Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan merupakan sarana untuk mendukung kegiatan proses belajar mengajar  dalam dunia pendidikan terutama dalam kegiatan praktikum, penelitian dan pengabdian masyarakat.Laboratorium menunjang teori yang didapat diperkuliahan sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh. Laboratorium  Ilmu Teknologi Hasil Perairan yang terdapat di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, semula ada tiga laboratorium yang berbeda yaitu Laboratorium Keamanan Hasil Perikanan, laboratorium Pengelolaan Hasil Perikanan dan Laboratorium Nutrisi.

Laboratorium Keamanan Hasil Perikanan ini sudah ada sejak berdirinya Fakultas Perikanan,sekitar tahun 1983. Semenjak berdiri hingga sekarang sudah mengalami 6 kali pergantian kepemimpinan atau kapala laboratorium. Laboratorium Mikrobiologi Dasar ini berubah nama menjadi Laboratorium Keamanan Hasi Perikanan dengan SK Rektor UB nomer 299 tahun 2014, dan menjadi satu dengan laboratorium Ilmu Teknologi Hasil Perairan menjadi devisi Keamanan Hasi Perikanan dengan SK rektor nomor 211 tahun 2016.

Laboratorium Pengelolaan Hasil Perikanan ada sejak Tahun 1995 dengan nama Laboratorium Teknologi Pengolahan Ikan, tahun 2000 berubah nama menjadi laboraotium THP dan Biokimia Ikan. Dan tahun 2003 mengubah nama menjadi laboratorium THP, tahun 2010 berubah nama menjadi laboratorium Biokimia, Nutrisi dan THP, dan tahun 2014 berubah nama menjadi laboratorium PHP. Dan menjadi satu dengan laboratorium Ilmu Teknologi Hasil Perairan menjadi devisi Keamanan Hasi Perikanan dengan SK rektor nomor 211 tahun 2016.

Laboratorium Nutrisi dan Reproduksi Pakan Ikan ada sejak tahun 1995, pada tahun 2000 berubah nama menjadi Nutrisi Ikan dan menjadi satu dengan laboratorium Ilmu Teknologi Hasil Perairan menjadi devisi Keamanan Hasi Perikanan dengan SK rektor nomor 211 tahun 2016.

 

Print Friendly